Audit Budaya Alfamart
Didirikan pada tahun 1989 oleh Djoko Susanto
dan keluarga PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart/ Perseroan), mengawali
usahanya di bidang perdagangan dan distribusi, kemudian pada 1999 mulai
memasuki sektor minimarket. Ekspansi secara ekponensial dimulai Perseroan pada
tahun 2002 dengan mengakusisi 141 gerai Alfaminimart dan membawa nama baru
Alfamart. Saat ini Alfamart merupakan salah satu yang terdepan dalam usaha
ritel, dengan melayani lebih dari 2,1 juta pelanggan setiap harinya di hampir
6.000 gerai yang tersebar di Indonesia. Alfamart menyediakan barang-barang
kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau, tempat belanja yang nyaman, serta
lokasi yang mudah dijangkau. Didukung lebih dari 60.000 karyawan menjadikan
Alfamart sebagai salah satu pembuka lapangan kerja terbesar di Indonesia
Alfamart adalah gerai komunitas,
karenanya kami selalu berpartisipasi
dalam meningkatkan kesejahteraan
masyarakat melalui program Tanggung
Jawab Sosial Perusahaan (CSR) yang terbagi menjadi Alfamart Care yang membantu
masyarakat melalui kegiatan-kegiatan sosial. Alfamart Smart mendukung bidang
pendidikan, Alfamart Sport mensponsori kegiatan olahraga, Alfamart Clean and
Green mewujudkan lingkungan yang sehat, Alfamart SMEs membantu pengusaha kecil
dan menengah yang ada di sekitar geraigerai Alfamart serta Alfamart Vaganza
yang secara aktif ikut terlibat dalam pengembangan seni dan budaya.
Atas segala prestasi dan perannya dalam
masyarakat, Alfamart menerima berbagai penghargaan dari intitusi-institusi
dengan reputasi terpercaya, di antaranya adalah: Top Brand Award Superbrands
Indonesia Awards, Indonesia’s, Service Quality Award, est Brand Award ,
Indonesia’s Most Admire Company , dan CSR Awards Alfamart juga berhasil mencapai Store Equity
Index tertinggi berdasarkan Nielsen Research selama 5 tahun berturut-turut.
VISI
“Menjadi jaringan distribusi ritel terkemuka
yang dimiliki oleh masyarakat luas, berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha
kecil, pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen, serta mampu bersaing secara
global”.
MISI
Ø Memberikan
kepuasan kepada pelanggan / konsumen dengan berfokus pada produk dan pelayanan
yang berkualitas unggul.
Ø Selalu
menjadi yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan dan selalu menegakkan
tingkah laku / etika bisnis yang tinggi.
Ø Ikut
berpartisipasi dalam membangun negara dengan menumbuh-kembangkan jiwa
wiraswasta dan kemitraan usaha.
Ø Membangun
organisasi global yang terpercaya, sehat dan terus bertumbuh dan bermanfaat
bagi pelanggan, pemasok, karyawan, pemegang saham dan masyarakat pada umumnya.
NILAI
Alfamart berpegang pada standar yang tinggi
dalam INTEGRITAS, INOVASI, KUALITAS DAN PRODUKTIVTAS, KERJASAMA TIM, dan
KEPUASAN PELANGGAN. Prinsip-prinsip dasar tersebut merupakan dasar dari Budaya
Perusahaan.
Referensi :
http://corporate.alfamartku.com/post/read/id/109/item/104.
Diakses tanggal 18 November 2014.
0 komentar