tugas
tulisan
PERBEDAAN PUBLIC RELATION DAN MARKETING, PERBEDAAN ANTARA HUMAS DENGAN PEMASARAN
05.02handreasstik66
PERBEDAAN
PUBLIC RELATION DAN MARKETING
Meski tidak selalu didefiniskan
secara jelas dalam praktiknya, marketing dan PR dapat dibedakan secara
konseptual dan hubungannya dijelaskan.
Ø Keinginan
dan kebutuhan orang adalah aspek fundamental bagi konsep marketing.
Ø Apa
yang orang orang inginkan atau butuhkan akan diterjemahkan sebagai permintaan
konsumen.
Ø Pemasar
menawarkan produk dan jasa untuk memuaskan permintaan tersebut. Konsumen
memilih produk dan jasa yang memberikan kegunaan, nilai, dan kepuasan paling
besar.
Ø Terakhir,
pemasar menyerahkan produk dan jasa kepada konsumen untuk ditukar dengan
sesuatu yang bernilai
Menurut ahli pemasaran Philip
Kotler: ”Pertukaran, yang merupakan inti dari konsep marketing, adalah proses
mendapatkan produk yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu
yang sebagai imbalannya. (Philp Kotler, Marketing Management, 11, th ed. (Upper
Saddle River, NJ : Prentice Hall, 2003), 12. Transaksi inilah yang membedakan fungsi
marketing dua pihak saling menukar sesuatu yang bernilai bagi kedua belah
pihak. Ringkasnya marketing menciptakan hubungan di mana pertukaran
terjadi kepemilikan berpindah tangan. Tujuan marketing adalah menarik dan
memuaskan konsumen secara terus menerus dalam rangka mengamankan “pangsa
pasar” dan mencapai tujuan ekonomi perusahaan. Untuk tujuan itu, publisitas
produk dan hubungan media digunakan untuk mendukung marketing. Karena spesialis
PR biasanya tahu cara menulis untuk media itu, dan tahu cara bekerja menghadapi
wartawan, serta tahu merancang dan mengimplementasikan program komunikasi
internal, maka pemasar meminta bantuan PR dalam menjalankan program
marketingnya. Ringkasnya PR yang efektif memberikan kontribusi kepada upaya
marketing dengan menjada lingkungan politik dan sosial agar tetap ramah kepada
perusahaan/ organisasi.
PERBEDAAN ANTARA HUMAS DENGAN PEMASARAN
Tak sedikit orang Humas
merasa lebih penting dari orang Pemasaran. Sebaliknya banyak juga praktisi
Marketing beranggapan lebih dibutuhkan daripada praktisi Public Relations.
Terjadilah diskursus apa perbedaan Humas (Public Relations) dengan Pemasaran
(Marketing). Apakah demikian juga anda?
Dalam tataran teori
maupun praktek, sering muncul perdebatan tentang perbedaan Humas (Public
Relations) dengan Pemasaran (Marketing). Kedua aktivitas ini sesungguhnya
merupakan bagian dari komunikasi sehingga mengandung prinsip dan komponen
komunikasi.
Dalam komponen itu
terdapat sumber, pesan, media, khalayak atau penerima informasi serta tujuan
komunikasi. Namun demikian, Humas dan Pemasaran memiliki orientasi yang berbeda
secara signifikan. Mari kita cermati, perbedaan mendasar konsep Humas (Public
Relations) dan Pemasaran (Marketing).
Pertama, pesan komunikasi. Aktivitas Humas dilakukan
untuk mendapatkan dukungan dari seluruh stakeholders (termasuk didalamnya
adalah konsumen atau calon konsumen). Pemasaran mengkomunikasikan hal-hal
(pesan) yang berkaitan aktivitas perusahaan yang mengandung citra tertentu.
Misalnya, Public Relations
sebuah rumah sakit akan meyakinkan publik/ stakeholders berkaitan aktivitas yang
mengandung citra positif dari pelayanan rumah sakit. Pada sisi lain, pihak
Marketing menyajikan pesan dalam bentuk promosi atau penawaran produk atau jasa
pelayanan yang disediakan rumah sakit dan berupaya mendorong konsumen/ pasien
memanfaatkan produk/jasa layanan yang ditawarkan rumah sakit.
Kedua, alat menyampai pesan. Dalam kegiatan Humas,
alat menyampai pesan adalah berita (news). Para praktisi Humas hanya
mengirimkan informasi pada media massa dan media sosial agar memuat informasi
menjadi berita yang bisa dibaca khalayak. Secara ekonomis, ongkos penyampaian
pesan rendah, namun tetapi memiliki kredibilitas tinggi. Pada sisi lain, alat
penyampaian pesan yg digunakan dalam Pemasaran adalah iklan.
Ketiga, penggunaan media. Dalam perspektif
Public Relations, media merupakan salah satu komponen stakeholder yang penting
untuk di jaga. Walau menempatkan media sebagai relasi, dalam berbagai aspek
Humas (Public Relations) tidak bisa secara gampang memaksa media untuk
mempublikasikan semua hal yg direlease karena itu terkait kewenangan
redaksional. Pada sisi lain, pihak Pemasaran (Marketing) justru memiliki
kebebasan untuk menempatkan tempat, waktu memasang iklan, sesuai dengan tarif
yang dibayarkan.
Keempat, jangka waktu aktivitas. Dalam menjalankan
aktivitasnya, Humas bersifat jangka panjang, dalam artian sebagai fungsi
manajemen, Humas harus mampu merancang berbagai aktivitas agar organisasi atau
perusahaan itu bisa bertahan sepanjang waktu. Sebaliknya Pemasaran, dari segi
waktu, aktivitasnya lebih bersifat jangka pendek sesuai usia produk atau jasa
yang ditawarkan.
Kelima, target atau sasaran komunikasi. Target sasaran dari aktivitas Humas menyentuh publik luas, terutama yang
memiliki kepentingan terhadap kehidupan organisasi. Pada pihak lain, sasaran
komunikasi Pemasaran lebih ditujukan pada mereka yang dianggap berpotensi
membeli dan menggunakan jasa yang ditawarkan.
Tentu, masih ada
perbedaan lain yang bisa menunjukkan aktivitas Humas dan Pemasaran seakan-akan
menjadi perdebatan. Dalam praktek, sering sekali dijumpai terjadi penggabungan
antara Humas dan Pemasaran demi efektivitas. Perbedaan antara Humas (public
relations) dengan Pemasaran (Marketing) sesungguhnya ingin menjelaskan bahwa
kedua aktivitas ini memang memiliki keunikan sehingga tidak perlu
diperdebatkan. Siapa pun kedudukan anda, Humas atau Pemasaran, keunikan masing-masing
akan menjadi kekuatan yang bisa mendukung kinerja rumah sakit.
Referensi :
http://publicrelationeasy.wordpress.com/2009/08/27/perbedaan-public-relation-dan-marketing/, diakses hari Minggu, tanggal 7 September 2014, pukul 21.44Wib.
http://anjaris.me/perbedaan-antara-humas-dengan-pemasaran/, diakses pada hari Minggu, tanggal 7 September 2014, pukul 21.45 Wib.
1 komentar
izin share gan
BalasHapus