featured tulisan

BEBERAPA HAL YANG BIASA DILAKUKAN MAHASISWA MENJELANG UAS

04.17handreasstik66


Ujian Akhir Semester


UAS merupakan salah satu kegiatan evaluasi hasil belajar mahasiswa. Evaluasi ini memberikan penilaian terhadap kemampuan mahasiswa dalam menerima, memahami, dan menguasai bahan studi yang telah diajarkan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan, dan menilai perubahan sikap dan keterampilannya. Adapun tujuan dari pelaksanaan UAS adalah untuk mengetahui sejauh mana pencapaian hasil belajar mahasiswa yang meliputi kognitif, afektif dan psikomotorik dalam kurun waktu studi tertentu, untuk mengetahui efektivitas proses pembelajaran, untuk menetapkan derajat hasil belajar dalam kategori cumlaude, dangat baik, baik, cukup, kurang, sangat kurang dan gagal.
Berikut beberapa hal yang biasa dilakukan Mahasiswa menjelang UAS :
1.     Refreshing
Sebagian mahasiswa biasanya senang untuk melakukan refreshing atau jalan-jalan menjelang musim UAS, biasanya mereka melakukan hal ini dengan tujuan utuk merefresh pikiran agar tidak stres saat menghadapi UAS, dan mereka jauh hari sudah belajar untuk persipan ujian.
2.     Belajar
Nyaris 99% mahasiswa ketika menjelang UAS itu belajar keras. Ketika menjelang UAS maka mahasiswa pemalas dan sering bolos otomatis menjadi rajin. Masuk atau tidak masuk yang penting belajar dan usaha, begitulah kata mereka.
3.     Membuat Contekan
Bagi para mahasiswa kreatif, ketika menjelang UAS biasanya mereka sibuk sekali. Membuat kerpekan di sana - sini, di kertas, tisu, tangan, meja (biasa yang disebut membatik) dan di manapun tempat yang dianggap memiliki potensi untuk mengerpek. Kebiasaan yg ini tidak boleh ditiru ya!
4.     Mencari Jawaban
Biasanya untuk lebih membulatkan belajar, ada sebagian mahasiswa yang rajin mencari jawaban alias meminta kisi - kisi ujian dari mahasiswa senior. Karena biasanya ada dosen yang selalu memberikan soal ujian yang sama dari tahun ke tahun. Yah, namanya juga usaha.
5.     Merayu Dosen
Banyak banget para mahasiswa yang berbondong - bondong merayu dosen ketika menjelang UAS. Minta ujian open book-lah, minta kisi - kisi ujianlah, sampai meminta jawaban ujian.
6.     Pinjam Catatan Teman
Mahasiswa yang rajin mencatat di kelas pasti bakal kedatangan banyak pengunjung nih ketika menjelang UAS. Gimana tidak? Sebagian besar mahasiswa memang malas mencatat dan mengandalkan catatan teman ketika mau belajar. Jadi ya pinjem dulu catatan teman lalu dicopy buat bahan belajar.
7.     Mengancam Teman
Para mahasiswa yang sok keren atau sok preman, menjelang UAS biasanya bakal mengancam teman sekelasnya yang pintar agar dia diberi contekan saat UAS tiba. Wah, ini agak ngeri ya!
8.     Pasrah
Ada juga tipe mahasiswa pasrah yang memasrahkan nilainya kepada Tuhan. Emang sih kita perlu berdo’a meminta agar Tuhan memberikan kemudahan dalam menjawab soal, tapi kalau cuma berdoa tanpa usaha bagaimana? Ini sama aja dengan mengharapkan ada jawaban yang turun dari langit.
Yg paling benar itu menurut saya adalah berdo'a dan berusaha semaksimal mungkin, terus apapun hasilnya kita serahkan ke Yang Maha Kuasa.

Referensi :
http://www.kaskus.co.id/thread/54f5d98214088dd0458b4573/?ref=homelanding&med=hot_thread

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Flickr Images

Formulir Kontak